Mesin Genset dan Mesin Bor di Butuhkan untuk Pertambangan

Mesin Genset dan Mesin Bor di Butuhkan untuk Pertambangan

Dalam pertambangan banyak kebutuhan alat alat untuk memperlancar produk tambang. Nah di artikel ini admin mengulas 2 mesin yang di butuhkan di Industri tambang. Diantaranya adalah mesin genset dan mesin bor.

  • Genset

Mesin genset merupakan perangkat yang cukup penting karena dengan alat ini lokasi pertambangan bisa teraliri listrik. genset sendiri dalam penerapannya sering digunakan untuk mengaliri listrik di lokasi yang belum ada listrik dari PLN, sebagai penyedot pompa saat banjir, dan sebagainya. Untuk merek genset cukup bervariasi. Salah satu yang populer adalah genset perkins. Meski harga genset perkins dibanding genset merek lainnya cukup mahal. Namun kualitas genset perkins merupakan salah satu merek genset yang terbaik di dunia

  • Mesin Bor

Sandvik memperkenalkan mesin bor permukaan, DC400R, yang cocok untuk membantu pekerjaan drilling & blasting kontraktor-kontraktor konstruksi. Sandvik memperkenalkan teknologi baru, mesin bor DC400R, kepada kontraktor-kontraktor yang bergerak di bidang pengeboran (drilling) dan peledakan (blasting). Alat ini menyasar pekerjaan-pekerjaan pembangunan jalan raya, penggalian parit dan demolisi. Itu sebabnya, DC400R paling sering digunakan oleh kontraktorkontraktor konstruksi, quarry dan aplikasi pengeboran permukaan di daerah perkotaan.  mesin bor ini sangat cocok untuk digunakan oleh kontraktorkontraktor pengeboran dan peledakan,” kata Agus Budi Syahputra, Equipment Sales Manager PT. Sandvik Mining & Construction Indonesia, dalam perbincangan dengan Equipment Indonesia di sela-sela acara Mining & Construction Indonesia 2017, di JI- Expo Kemayoran Jakarta, Jumat (15/9). DC400R, Agus melanjutkan, adalah alat generasi baru dalam barisan mesin bor permukaan Sandvik, dengan ukuran mata bor 2 hingga 3,5 inch. Sesuai ukuran bornya, alat ini didedikasi khusus untuk operasi quarry, batu andesit dan limestone, tetapi tidak direkomendasikan untuk batubara.

Sandvik akan menggelar demo produk di lokasi tambang batu salah satu operator quarry di daerah Penajam, Kalimantan Timur guna memberikan product awareness kepada para pelanggan. Apa yang membedakan DC400R dari produk-produk terdahulu? Agus menjelaskan bahwa DC400R merupakan mesin full hydraulic, sementara kebanyakan mesin bor yang ada di pasaran saat ini masih pneumatic. Kompresornya sudah onboard, sementara yang jenis pneumatic dipasang terpisah, yang dihubungan ke alat bor dengan menggunakan selang besar. Menurutnya, disain kompresor on-board mengurangi resiko kebocoran (leaking) sehingga membuat mesin lebih bertenaga. Itu sebabnya tenaga hydraulic lebih powerful dibandingkan pneumatic. ), lanjut Agus, baik sekali karena diesel engine langsung menggerakkan pompa dan pompa langsung menggerakkan attachment. Cara kerjanya berbeda dengan mesin pneumatic yang menggunakan kompresor eksternal untuk mensuplai angin ke dalam. Proses kerja mesin yang berliku-liku ini membuat mesin sekitar 14 hingga 15 liter per jam, sedangkan mesin pneumatic berkisar antara 22 hingga 24 liter per jam,” ujarnya. DC400R juga memiliki kemampuan penetrasi (real penetration) yang yang tinggi, rata-rata 90 meter per jam.

 

Namun, Agus mengingatkan, kecepatan penetrasi sangat ditentukan oleh kondisi bebatuan yang diterobos. Artinya, makin keras batunya, maka kecepatan pemboran berkurang. Sebaliknya, jika batunya lunak, maka kecepatan penetrasinya makin tinggi. “Berdasarkan hitung-hitungan Sandvik, murni untuk pekerjaan drilling saja, kecepatan penetrasi alat ini sekitar 2,5 meter per menit dengan besar lubang bor 2,5 inci,” Agus meyakinkan. Cara kerja mesin ini tergolong unik. Dirancang sebagai unit bor permukaan full hydraulic, yang bergerak maju-mundur sendiri, operasi alat ini mengedepankan keselamatan (safety). “Sandvik, dalam mendisain setiap produknya, selalu mengutamakan safety,” kata Agus berpromosi. Dioperasikan dengan remote control Mesin bor DC400R dioperasikan dengan remote control dan tidak ada tempat bagi operator. “Sengaja dirancang tanpa kabin karena mesin ini selalu aktif alias bergerak dan berputar.

 

Dengan menggunakan remote control, operator tidak perlu takut terjepit atau tertimpa batang bor. Operator bisa mengendalikan maneuver mesin ini dari jarak 10 hingga 100 meter,” Agus menjelaskan. DC400R sudah memiliki rod changer otomatis (robotic) atau tempat penyambungan pipa pengeboran yang tidak lagi memerlukan sentuhan tangan. Cara kerjanya tidak sama dengan mesin-mesin konvensional yang masih manual. Jadi, proses rod changing berlangsung aman. “Perangkat ini safety banget, karena tidak perlu lagi dipegang dengan tangan manusia,” ujarnya. Hal ini berdampak terhadap produktivitasnya karena proses kerjanya cepat. Cara kerja boom ini tidak sama dengan yang terpasang pada mesin konvensional. “Mesin bor konvensional menggunakan rigid boom, yang hanya bisa bergerak naikturun. Kalau jenis boom bisa swing (boom swing), memanjang dan mengambil posisi miring,” tuturnya. Dengan, alat ini bisa meng-cover empat hingga enam jenis pekerjaan dalam posisi yang sama, sehingga tidak perlu lagi menggerakkan track untuk pindah posisi, tetapi cukup dengan memainkan boom swing-nya saja. Agus menjamin alat ini tidak merepotkan saat mobilisasi ke site karena posturnya ramping, apalagi tanpa kabin. Untuk menjamin stabilitasnya selama operasi, tersedia rear jack support.

 

Juga tersedia winch yang bisa ditarik untuk diikat pada pohon atau tiang guna mencegah resiko kecelakaan kerja. Sebagai pijakannya, mesin ini menggunakan track sehingga mampu bermanuver di semua medan. Sandvik merupakan pabrikan global yang sudah lama melayani kebutuhan berbagai industri di Indonesia, terutama di sektor tambang dan konstruksi. Jaringan bisnisnya sudah meluas, termasuk dalam menyediakan after sales services (ASS). Agus bilang bahwa Sandvik mendukung kehadiran produk ini dengan menyediakan suku cadang fast moving dan consumable di Indonesia. Sedangkan untuk parts yang slow moving distok di Singapura. Tidak hanya itu, Sandvik menyediakan tenaga mekanik yang benar-benar dedicated untuk masing-masing bidang seperti surface drilling dan underground drilling. Mereka memiliki spesialisasi sendirisendiri. Juga tersedia PSSR (Parts Support Sales Rep) yang secara rutin melakukan kunjungan cuma-cuma ke customer per tiga bulan khusus untuk mengetahui kondisi unit. “Tim ini akan memberikan informasi dan rekomendasi kepada customer mengenai kondisi unit dan komponen-komponen serta parts apa saja yang perlu diservis dan sebagainya,” tutur Agus seraya menyebutkan tim support lainnya, TSR (Team Sales Reps), yang akan berkunjung untuk menganalisis penggunaan drilling tools.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *