Pengertian Sakit dan Nyeri Perut

Perut sakit adalah istilah yang sering digunakan untuk penyakit kram atau sakit tumpul di perut (perut). Biasanya terjadi secara cepat dan sering tidak serius.

Nyeri perut yang parah adalah penyebab yang lebih besar untuk diperhatikan. Jika tiba-tiba dan tidak terduga, itu harus dianggap sebagai keadaan darurat medis, terutama jika rasa sakit terkonsentrasi di area tertentu.

Jika ini adalah kasus telepon GP Anda sesegera mungkin, atau layanan 111 jika GP Anda ditutup.

Jika Anda merasa sakit di daerah sekitar iga, baca tentang nyeri dada untuk mendapatkan informasi dan saran.

sakit perut

Kram perut dengan kembung
Kram perut dengan kembung sering disebabkan oleh angin yang terperangkap. Ini adalah masalah yang sangat umum yang bisa memalukan tetapi mudah ditangani.

Apoteker Anda akan dapat merekomendasikan produk seperti buscopan atau mebeverine, yang dapat dibeli di atas meja untuk menangani masalah.

Kram perut tiba-tiba dengan diare
Jika kram perut Anda telah dimulai baru-baru ini dan Anda juga mengalami diare, penyebabnya mungkin adalah bug perut (gastroenteritis). Ini berarti Anda memiliki infeksi virus atau bakteri pada lambung dan usus, yang seharusnya menjadi lebih baik tanpa pengobatan setelah beberapa hari.

Gastroenteritis dapat disebabkan oleh kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi, atau dengan makan makanan yang terkontaminasi (keracunan makanan).

Jika Anda berulang kali mengalami kram perut dan diare, Anda mungkin memiliki kondisi jangka panjang, seperti sindrom iritasi usus (IBS).

Nyeri perut yang parah tiba-tiba
Jika Anda mengalami nyeri yang menyiksa secara tiba-tiba di daerah tertentu di perut Anda, segera telepon GP Anda atau layanan 111 jika GP Anda ditutup. Ini mungkin merupakan pertanda masalah serius yang dapat dengan cepat memburuk tanpa pengobatan.

Penyebab serius sakit perut yang parah meliputi:

radang usus buntu – pembengkakan usus buntu (kantung seperti jari yang terhubung ke usus besar), yang menyebabkan nyeri yang menyiksa di sisi kanan bawah perut Anda, dan berarti usus buntu Anda perlu dilepas
ulkus lambung berdarah atau berlubang – perdarahan, luka terbuka di lapisan lambung atau duodenum (bagian pertama dari usus kecil)
kolesistitis akut – peradangan kandung empedu, yang sering disebabkan oleh batu empedu, dalam banyak kasus, kandung empedu Anda harus dibuang
batu ginjal – batu-batu kecil dapat pingsan dalam air seni Anda, tetapi batu yang lebih besar dapat menghalangi saluran ginjal, dan Anda harus pergi ke rumah sakit untuk membuat mereka putus
diverticulitis – peradangan pada kantung kecil di usus yang terkadang memerlukan perawatan dengan antibiotik di rumah sakit
Jika dokter Anda mencurigai Anda memiliki salah satu dari kondisi ini, mereka dapat segera merujuk Anda ke rumah sakit.

Nyeri yang mendadak dan parah di perut Anda juga kadang-kadang bisa disebabkan oleh infeksi lambung dan usus (gastroenteritis). Mungkin juga disebabkan oleh otot yang tertarik di perut Anda atau karena cedera.

Nyeri perut jangka panjang atau berulang
Temui dokter Anda jika Anda atau anak Anda mengalami nyeri perut yang persisten atau berulang. Penyebabnya seringkali tidak serius dan bisa dikelola.

Kemungkinan penyebab pada orang dewasa meliputi:

IBS – kondisi umum yang menyebabkan serangan kram perut, kembung, diare atau sembelit, rasa sakit sering hilang ketika Anda pergi ke toilet
inflammatory bowel disease (IBD) – kondisi jangka panjang yang melibatkan peradangan usus, termasuk penyakit Crohn dan kolitis ulseratif
infeksi saluran kemih (ISK) yang terus kembali – dalam kasus ini, Anda biasanya juga akan mengalami sensasi terbakar ketika Anda buang air kecil
sembelit
kram otot yang menyakitkan pada wanita yang terkait dengan siklus menstruasi
masalah terkait lambung lainnya – seperti sakit maag, mulas dan refluks asam atau gastritis (radang lapisan lambung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *