Tata Cara Merawat Kacer Mabung

Tata Cara Merawat Kacer Mabung

Ngurak atau sering disebut mabung, proses ini dialami oleh semua jenis burung salah satunya burung kacer. Hal tersebut akan terjadinya rontok bulu sehingga mengurangi total kalori serta nutrisi yang terdapat pada tubuhnya.

Fase ini bertujuan untuk merontokan semua bulu lama yang sudah rusak untuk berganti bulu yang baru dan bagus. Jika proses tersebut belum selesai, anda jangan memaksakan burung anda untuk berkicau, agar proses tersebut lebih cepat.

Burung mabung juga tidak dapat untuk banyak gerak sebab hal tersebut dapat membuang energi yang seharusnya untuk menumbuhkan bulu. Orang yang tidak bisa merawat burung mabung sebenarnya ia tidak menginginkan burung jagoanya mabung, karena ia takut burung tersebut berubah jadi kurang baik pada kualitas setelah mabung.

Tetapi jika orang yang mengetahui tata cara merawat burung mabung ia malah sebaliknya, sebab dalam proses mabung tersebut adalah kesempatan untuk memberikan perawatan yang intensif yang dapat meningkatkan kualitas burung kacer.

Namun banyak juga yang berhasil menumbuhkan bulu, tetapi saat tampil dilapangan kurang memuaskan. Jangan khawatir, karena saya akan berbagi sedikit ilmu tentang Tata Cara Perawatan Kacer Mabung Agar Semakin Gacor.

Baca juga : Suara Burung Kacer Gacor

Tata Cara Merawat Kacer Mabung

Tata Cara Merawat Kacer Mabung

  1. Mengkrudungi sangkar burung tersebut, tetapi sebelumnya berikan makan lebih banyak dari sebelumnya, berikan jangkrik, ulat hongkong, dan kroto selama 1 minggu penuh.
  2. Mengurangi atau hentikan aktivitas yang berlebihan, dan bersihkan sangkarnya menggunakan shampo khusus setiap hari, bertujuan untuk membersihkan kutu, bulu, dan jamur.
  3. Melakukan pengkrodongan selama seminggu
  4. Selama klimaks usahakan hentikan pemberian extra fooding bahkan jangan sekali sekalipun memberikanya, hal tersebut akan berakibat buruk setelah mebung.
  5. Berikan makan voer berkualitas untuk memberikan gizi dan pengganti extra fooding.
  6. Pastika minum tersebut terisi penuh, dan berikan air mineral yang berkualitas seperti Ebod vit, bertujuan untukmenjaga kesetabilan tubuh.
  7. Setelah bulu mulai muncul terlihat tebal, anda dapat memandikanya seperti biasanya. Tanda-tanda mabung berakhir biasanya dengan bulu rapi dan kotorannya tak berwarna putih.
  8. Ketika memandikan burung pastikan shampo yang anda gunakan adalah shampo khusus, sebab bertujuan untuk membersihkan kutu dan jamur yang melekat pada bulu tersebut.
  9. Setelah selesai memandikan, biarlah kering sendiri tak perlu harus dijemur lalu langsung dikrodong, dan berikan 6jangkrik sampai esoknya lagi.
  10. Setelah itu tiba dihari esok, kacer sudah bisa untuk dijemur dibawah terik matahari selama 3-4 jam lalu mandikan setelah dijemur tadi. Ingat jangan lupa untuk memberi makan dam minum kacer. Pemberian makanan sebelum, masa mabung, pasca mabung sedikit berbeda dari sebelumnya.

Nah, itulah cara merawat burung kacer mabung, semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman. Jangan lupa simak terus artikel pawanghewan.com untuk mendapatkan artikel menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *